Sabtu, 20 Desember 2014

Cara membuat tape singkong atau ketela pohon.


Cara membuat tape singkong atau ketela pohon.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Apa kabar pengunjung blog sekalian, semoga baik-baik saja.Pernahkah anda makan tape singkong ? Mungkin sebagian besar dari anda sudah pernah makan makanan yang merupakan hasil fermentasi ini.Rasanya cukup enak dan sedikit menyengat di tenggorokan.Tape biasa dijual dipasar tradisional di pulau jawa terutama yang ada di pedesaan.Orang tua penulis dahulu juga pernah membuat tape singkong ini.Dari pengalaman melihat pembuatan tape ketika saya masih kecil, kali ini akan saya coba untuk berbagi.

Jika kita ingin membuat tape singkong terslebih dahulu dipersiapkan bahan dan perlengkapannya.Bahan baku nya tentu saja singkong atau ketela pohon yang tidak beracun (lebih bagus yang berwarna kuning)dan bahan tambahan adalah ragi tape. Adapun keperluan lain adalah daun pisang, keranjang bambu atau bak plastik. Dan tentu saja alat pengukus.

Adapun langkah-langkahnya pertama singkong dikupas dan dicuci kemudian dikukus hingga masak.Setelah didinginkan ,ditempatkan pada wadah yang diberi alas daun pisang lalu ditaburi ragi tape lalu ditutup dengan daun pisang juga dan diusahakan tidak ada udara luar yang bisa masuk.Diamkan pada kondisi ini hingga sekurangnya dua malam, lebih lama lebih baik sehingga terjadi proses fermentasi dan jadilah tape yang siap dinikmati.

Anda mau coba ? Silakan, tapi untuk memilih singkongnya minta petunjuk pada orang yang mengerti sehingga tidak keliru dengan singkong beracun.Semoga postingan ini bermanfaat, untuk artikel terbaru silakan baca disini.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar