Jumat, 12 Desember 2014

Pohon lempuyang dapat digunakan sebagai lauk-pauk yang cukup lezat.


Pohon lempuyang dapat digunakan sebagai lauk-pauk yang cukup lezat.

Assala'mualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Para pungunjung blog yang berbahagia, jika anda tinggal di tempat yang tidak jauh dari hutan mungkin informasi ini sudah kedaluwarsa, tapi bagi anda yang hidup di kota merupakansebuah informasi dan pengetahuan yang berharga.Sudah tahukah anda pohon lempuyang ? Jika belum tahu belum tahu, lempuyang adalah salah satu jenis tanaman berakar rimpang yang biasa tumbuh di hutan jati.

Umbi dari tanaman inilah yang disebut lempuyang, rasanya pahit dan sering dibuat sebagai ramuan jamu tradisional.Pohonnya mirip dengan pohon lengkuas tetapi lebih kecil, daunnya panjang dan lancip ujungnya.Pohon lempuyang (lirih ) yang masih muda jika dimakan rasanya menyegarkazn dan dapat mengurangi rasa haus, ini berdasarkan pengalaman ketika penulis masih menggembala kambing saat kecil dulu.

Jika dimasak bisa dijadikan sayur asam, lodheh atau bothok juga bisa. Dicampur tempe medem (tempe setengah busuk) sangat enak sekali.Mau tahu rasanya ? Datang saja ke desa Sudimoroharjo saat musim hujan sudah berlangsung sekitar satu atau dua bulan. Saat tersebut sedang musim lirih (nama pohon lempuyang) . Selamat berkunjung ke desa kami,di Sluwur Sudimoroharjo Wilangan Nganjuk, wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar